• Simak Kisah Pria Yang Sibuk Mencipta Photoshop, Akhirnya Drop-Out

    Pamela Pfiffner, dalam bukunya berjudul Inside The Publishing Revolution: The Adobe Story mengatakan bahwa selepas Thomas menunjukkan karyanya pada sang adik, keduanya lalu mengembangkan lebih lanjut program tersebut. Menambahkan kemampuan menampilkan grafis dari hanya hitam putih ke berwarna, menambahkan fitur seperti soft-edge masks, tone, color adjustments, paintbrushers, hingga image filter. Dari sebuah program bernama Display, kerja kakak-adik itu lalu menghasilkan program bernama Image Pro alias Photoshop versi 0.87.

     

    Kedua bersaudara tersebut menjajakan Image Pro ke banyak perusahaan untuk mendistribusikannya. Barneyscan, perusahaan yang memproduksi scanner, membeli lisensi distribusi Image Pro. Sayang, Barneyscan tidak terlalu serius dengan program ini. Mereka hanya merilis 200 kopi Image Pro yang dijual sepaket dengan scanner jualan mereka. Mirisnya, Image Pro diganti nama menjadi Barneyscan XP oleh mereka.

     

    Karena merasa kerjasama dengan Barneyscan kurang menguntungkan, Knoll bersaudara lalu menjajakan program mereka ke perusahaan lain. Perusahaan tersebut ialah Adobe, sebuah perusahaan yang didirikan oleh John Warnock dan Chuck Geschke di tahun 1982. Ketertarikan Adobe terjadi karena para petinggi perusahaan itu, yang melihat demonstrasi kerja Image Pro, yang lalu berganti nama jadi Photoshop saat demo dilakukan, terpesona.

    Baca Juga: data

    David Biedny, petinggi Adobe kala itu, sebagaimana ditulis oleh Pfiffner, mengatakan bahwa Photoshop dianggapnya memperlakukan grafis seperti konstruksi matematika. “Photoshop bukan tentang menggerakkan piksel, yang mana dilakukan program sejenis kala itu, tapi Photoshop ialah tentang menggabungkan piksel secara bersamaan,” kata Biedny.

    Baca Juga: sistem operasi komputer

    Di akhir tahun 1988 Adobe resmi melisensi Photoshop. Meski sempat berpikir untuk mengubah nama program itu menjadi ImagePro ataupun PhotoLab, Adobe memilih nama Photoshop. Perusahaan tersebut membayar Knoll bersaudara uang sebesar $250 ribu untuk dua tahun lisensi. 

    Artikel Terkait: pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli

    Lalu, di bulan Februari 1990, Photoshop versi 1.0 dirilis oleh Adobe. Saat itu, hanya tersedia Photoshop versi Macintosh. Baru pada 1993 program tersebut akhirnya meluncur di Windows.


  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :