• Keputusan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mengakuisisi perusahaan semen swasta yakni PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) akan menciptakan duopoli pemain besar semen di Indonesia. Pasalnya pangsa pasar Semen Indonesia akan menjadi 55% dan peningkatan volume produksi yang signifikan menjadi 50,9 juta ton atau setara dengan 47% dari total kapasitas nasional.

    Baca Juga: Semen Tiga Roda

    Analis Trimegah Sekuritas Christy Halim mengatakan pasar semen di Indonesia akan berfokus pada dua pemain besar saja, yakni Semen Indonesia dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) yang keduanya menguasai 80% penjualan di dalam negeri. Bagi konsumen, ini akan berdampak positif pada perang harga yang berkepanjangan.

    "Kondisi ini akan memberikan kesempatan kepada kedua perusahaan bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi dengan ruang yang lebih sempit untuk perang harga yang mungkin ditimbulkan oleh proodusen semen asing," tulis Christy dalam risetnya seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (13/11).

    Selain bisa memperbaiki harga pasar saat ini, akuisisi ini juga akan berdampak baik pada kinerja perusahaan jangka panjang. Lantaran penjualan akan meningkat karena mengkonsolidasikan penjualan Holcim ke usahanya.

    Kabar baiknya, Holcim memiliki kapasitas produksi sampai dengan 15 juta ton per tahun yang berlokasi Jawa dan Sumatera. Holcim memiliki 4 pabrik semen, 33 pabrik siap pakai dan 2 tambang agregat.

    Pilihan Redaksi: harga batu kali

    Meski demikian, tahun depan dinilai akan menjadi waktu yang berat bagi Semen Indonesia karena akan terjadi peningkatan beban bunga yang berasal dari pinjaman sindikasi untuk membiayai akusisi tersebut.

    Diperkirakan jumlah utang terhadap ekuitas (debt to equity ratio/DER) SMGR akan meningkat dari sebelumnya 0,4x menjadi 1x setelah transaksi dilakukan. Biaya bunga akan meningkat hingga RP 700 miliar tahun depan.


    votre commentaire
  • Adakah cara membuat cat dinding luar rumah awet dan tahan lama? Cat dinding pada bagian luar rumah ternyata bisa lebih cepat mengalami kerusakan seperti warnanya yang memudar atau terkelupas karena paparan sinar matahari dan guyuran air hujan.

    Baca Juga: harga kaca cermin

    Bahkan perubahan iklim juga bisa membuat munculnya jamur di tembok rumah karena suhu yang lembab atau basah.

    Karena itu cat dinding pada bagian luar rumah juga perlu dirawat agar penampilannya selalu sedap dipandang mata. Apalagi tidak lama lagi Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran akan tiba di mana akan ada banyak tamu yang akan berkunjung ke rumah Anda.

    Atau mungkin malah mau beli rumah baru? Manfaatkan jasa agen properti profesional yang dapat membantu keamanan dan kenyamanan transaksi pembelian properti Anda.

    Artikel Terkait: ukuran tandon air

    Tentunya Anda tidak ingin tamu yang datang ke rumah Anda langsung mendapat kesan ‘kumuh’ gegara tampilan warna tembok yang kusam atau terkelupas, kan?! Nah, agar warna cat dinding bagian luar rumah Anda bisa lebih awet dan tahan lama, maka simak tips dari Rumah.com berikut ini.


    votre commentaire
  • Satu dari beberapa masalah yang bisa terjadi pada dinding rumah adalah pengelupasan cat.

    Baca Juga: harga borongan

    Hal ini membuat rumah menjadi lembab dan tak indah dipandang.

    Untuk menyiasatinya, mengecat ulang dinding adalah ritual yang harus dilakukan setiap tahun, terlebih untuk merayakan momen-momen tertentu.

    Namun, untuk menghindari pengecatan ulang setiap tahunnya, IDEA Lovers bisa coba empat cara ini:

    Apabila dinding berjamur dan mengelupas, masalahnya mungkin berasal dari rembesan air hujan.

    Periksalah jendela, pintu, atap, dan pastikan tidak ada celah.

    Jika terlihat ada celah yang memungkinkan air masuk, tutuplah dengan campuran silikon tahan air.

    Artikel Terkait: Semen Tiga Roda

    Waktu yang pas untuk membersihkan tembok adalah dua minggu setelah proses pengecatan selesai.


    votre commentaire
  • Usaha Pemerintah Kota Tangerang menata beberapa kampung menjadi kampung tematik mulai membuahkan hasil. Kampung Markisa di Karawaci masuk menjadi nominator dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia dengan nominasi Destinasi Wisata Kreatif Terpopuler 2019.

    Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengatakan, Kampung Markisa menjadi salah satu perwakilan objek atau destinasi wisata yang masuk nominasi dalam ajang tersebut.

    Baca Juga: harga keramik lantai

    "Iya, se-Banten ada 5 objek. Kota Tangerang Kampung Markisa," ujarnya kepada TangerangNews, Selasa (11/6/2019).

    Rizal pun mengajak warga Kota Tangerang untuk ramai-ramai mendukung Kampung Markisa dengan cara melakukan voting sebanyak-banyaknya lewat SMS dengan cara ketik API 158 kirim ke 99386.

    Dukungan juga bisa melalui laman YouTube dengan mengetik tagar #APIaward2019, kemudian subscribe, pilih video dan like. Juga bisa dengan mengunduh aplikasi #APIaward di PlayStore, kemudian instal, pilih nominasi dan like.

    Voting dilaksanakan pada 1 Juni sampai dengan 31 Oktober 2019.

    "Harapannya yang pasti mendapatkan hasil yang terbaik, bagi sobat wisata khusu nya warga kota Tangerang mari vote sebanyak-banyaknya," seru Rizal.

    Seperti diketahui, Kampung Markisa atau Mari Kita Sadar merupakan daerah yang berhasil dalam program PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) yang diadakan oleh pemerintah pada 2017 lalu.

    Sebelumnya, Kampung Markisa merupakan tempat yang kumuh karena berdekatan dengan tumpukan sampah. Sejak 2015, warganya mulai gotong royong membenahi kampungnya, mulai dari menghilangkan tumpukan sampah, kemudian mengecat tembok-tembok rumahnya dengan beragam warna.

    Untuk diketahui, Anugerah Pesona Indonesia adalah merupakan suatu Ajang atau Kompetisi Pariwisata Terpopuler Indonesia yang dihelat setiap tahun. Kegiatan ini dilaksanakan dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

    Artikel Terkait: triplek melamin

    Kegiatan ini berupa pemberian penghargaan kepada obyek dan tujuan wisata terpopuler di Indonesia yang berasal dari Kabupaten/Kota seluruh Provinsi di Indonesia.

    Ajang ini merupakan apresiasi pilihan yang dilakukan masyarakat (people choice) atas obyek atau tujuan wisata.


    votre commentaire
  • Seorang warga Dusun Sukarahayu, RT 03/07, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar memiliki cara unik memanfaatkan baligho bekas menjadi sesuatu yang memiliki nilai rupiah.

    Misbahul Munir, pria berumur 24 tahun ini memanfaatkan baligho bekas sebagai bahan untuk lukisannya. Sebagai ganti dari kanvas, ia juga memanfaatkan cat tembok yang harganya sangat terjangkau. Meski begitu, hasil karyanya tak bisa diragukan lagi, bahkan bisa disejajarkan dengan seniman lainnya.

    Baca Juga: warna cat tembok

    Pria yang akrab dipanggil Bahul ini mengaku, ia melukis dengan media tersebut bukan untuk mencari uang, namun ia hanya hoby memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu, seperti halnya menggambar di baligho tersebut.

    “Karya seni itu tidak dapat dihargai dengan angka-angka. Saya hanya iseng menggambar dengan cat tembok pada baligho bekas, kebetulan saja hasilnya kata teman-teman bagus,” jelas Bahul.

    Artikel Terkait: tabel besi beton

    Bahul mengaku, dirinya tidak hanya bisa menggambar pada bekas baligho saja, namun bisa membuat wayang dengan media seadanya, seperti menggunakan bekas karpet, kardus, spon, fiber atau lainnya.

    “Memang saya belum pernah menjualnya, tapi kalau kira-kira harga wayang buatan saya mulai Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu, tergantung tingkat kesulitannya,” pungkasnya.

    Sementara itu, Maswan (53), warga Purwodadi, RT 07 RW 04, Desa Waringinsari, mengatakan, hasil karya Bahul diakui sudah bagus dan bisa disejajarkan dengan seniman lain.

    “Iya Bahul emang kreatif, lah itu barang-barang bekas saja dapat menjadi sesuatu yg bernilai lebih. Ini patut dicontoh pemuda lainnya dalam pemanfaatan barang bekas yang bsia bernilai rupiah,” imbuh Maswan.


    votre commentaire