• Pihak PDAM Tirta Daroy menurunkan tim untuk membenahi jaringan distribusi air bersih di kawasan Cot Lamkuweuh, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. Langkah itu diambil menyusul protes warga setempat terkait tidak adanya air bersih.

    Aksi protes yang diwarnai dengan pencopotan meteran air lalu menggantungnya di gapura pintu masuk ke gampong tersebut berlangsung Minggu (4/8) siang.

    Baca Juga: sambungan pipa PVC

    Dirut PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub yang dihubungi Serambi, Senin (5/8) membenarkan telah menurunkan seluruh kekuatan untuk membenahi jaringan distribusi air di kawasan Cot Lamkuweuh. Selain memperbaiki pipa distribusi, pihak PDAM juga terus berupaya menyambungkan pipa-pipa yang memiliki tekanan air agar rumah-rumah penduduk yang belum mendapat air bisa teraliri.

    "Kami terus melakukan berbagai cara agar rumah warga yang belum mendapat air bersih, bisa teraliri. Walau dipastikan tekanan airnya belum maksimal," tandas Ampon Yub, sapaan akrab T Novizal Aiyub.

    Dia berharap, perbaikan jaringan distribusi yang sedang mereka lakukan bisa berjalan baik sehingga air bersih bisa sampai ke rumah warga, meski tekanannya tidak besar. Untuk membuat tekanan air ke kawasan itu tinggi, kata Ampon Yub, Pemko Banda Aceh kini sedang membangun bak penampungan atau reservoir. "Jika reservoir ini selesai, dipastikan tekanan air ke kawasan Ulee Lheue akan besar dan mampu menjangkau wilayah ujung pipa," jelasnya.

    Sementara itu Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman saat memimpil apel gabungan Pemko Banda Aceh, di Balai Kota, Senin (5/8) memerintahkan Dirut PDAM Tirta Daroy agar segera menangani persoalan air bersih secara serius. Instruksi itu disampaikan Wali Kota menanggapi aksi protes warga Cot Lamkuweuh karena aliran air bersih ke rumah mereka sudah lama tersendat.

    "Setiap laporan masyarakat wajib kita respon dengan sigap. Bukan hanya di Cot Lamkuweuh, tapi di gampong lain bila ada masalah layanan air juga harus ditangani segera. Berikan pelayanan dengan senyum, cepat, dan tuntas," pesan Aminullah.

    Pada apel gabungan itu juga Wali Kota kembali menegaskan komitmennya untuk menuntaskan persoalan distribusi air bersih paling lama pada awal 2020 mendatang. "Kita komit benahi soal air bersih, kita targetkan pada awal 2020 pelayanan PDAM di seluruh kota sudah semakin membaik."

    "Namun tidak bisa instan karena banyak variabel yang mesti kita benahi, dan ini sudah terjadi sejak lama. Kita sedang upayakan yang terbaik, intinya kita akan kerahkan semua tenaga untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," katanya.

    Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengungkapkan, dirinya sangat memahami keinginan masyarakat agar persoalan air bersih dapat segera teratasi. Dia menyatakan tak menutup mata terhadap persoalan air bersih.

    Menurut Aminullah, kompleksnya masalah yang dihadapi mulai dari jaringan pipa yang semrawut hingga masih tingginya angka pencurian air, membuat upaya yang dilakukan pihaknya tidak bisa instan.

    "Khusus jaringan perpipaan yang carut-marut, ini sudah berlangsung puluhan tahun. Jadi perlu waktu untuk membenahinya. Pecahnya bendungan karet di titik sumber air baku PDAM di Krueng Aceh baru-baru juga menambah persoalan baru," ungkapnya.

    Namun ia optimistis pembenahan pelayanan air bersih di Banda Aceh dapat rampung pada akhir tahun ini, paling lama awal tahun depan. Sejumlah program dan proyek pun telah, sedang, dan akan dilaksanakan pihaknya.

    Pilihan Redaksi: Semen Tiga Roda

    Wali Kota juga menyebutkan, pihaknya kini sedang membangun bak penampungan raksasa (reservoir) di kawasan Taman Sari. "Insyaallah akan rampung akhir tahun ini. Untuk itu, saya berharap masyarakat yang masih macet aliran air bersih di rumahnya untuk bersabar. Upaya lain seperti perbaikan jaringan pipa dan penertiban sambungan liar juga terus kita lakukan," katanya.


    votre commentaire
  • PT PLN (Persero) akan memberikan ganti rugi pada pelanggan yang listriknya padam pada Minggu lalu. Khusus prabayar alias pembelian token, ganti rugi akan diberikan saat pembelian listrik selanjutnya.

    Baca Juga: kabel listrik

    Kepala Divisi Niaga PLN Yudi Setyo Wicaksono mengatakan, pada pembelian listrik selanjutnya pelanggan akan menerima dua token sekaligus. Token pertama ialah daya yang dibeli dan token kedua ialah daya ganti rugi.

    Dengan demikian, pelanggan korban listrik padam massal bakal mendapatkan ganti rugi berupa tambahan daya lebih besar dari uang yang dikeluarkan untuk membeli listrik.

    "Kalau yang token, pada saat dia beli token, misal beli Rp 100 ribu, nanti di struk nomor token Rp 100 ribu, 16 digit. Di (bagian) bawahnya ada tertulis nomor token sebagai ganti rugi," ujarnya kepada detikFinance, Selasa (6/8/2019).

    Sementara, untuk pelanggan pasca bayar ganti rugi diberikan melalui pengurangan tagihan pada bulan depan atau September. Pemberian ganti rugi ini lebih cepat dari perhitungan normal.

    Biasanya, PLN akan melakukan pendataan terlebih dahulu untuk melihat siapa saja yang berhak mendapat ganti rugi. Lantaran, PLN akan menghitung total waktu listrik padam. Jika memenuhi syarat maka pelanggan akan mendapat ganti rugi.

    Misal, jika pemadaman terjadi di Agustus maka perhitungan ganti rugi akan masuk di bulan September. Kemudian, pemberian ganti rugi diberikan di bulan Oktober.

    "Nanti kita masukan perhitungan billing September dibayarnya Oktober. Pembayarannya berupa pengurangan rekening. Misalnya, dapat ganti rugi Rp 45 ribu, terus pemakaian sebulan Rp 100 ribu ya dibayar Rp 55 ribu. Itu yang pasca," terangnya.

    "Untuk case blackout ini akan kita majuin karena sekarang kami sudah tahu mana yang sudah dapat atau tidak. Karena enggak usah nunggu sebulan sudah tahu dapat ganti rugi atau tidak," tambahnya.

    Pilihan Redaksi: kusen pintu aluminium

    Sementara itu, ungkapnya, besaran ganti rugi diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 27 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait Penyaluran Tenaga Listrik oleh PT PLN (Persero). Kemudian, besaran tingkat mutu pelayanan (TMP) diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan.

    Berdasarkan Permen ESDM Nomor 27, besaran pengurangan tagihan sebesar 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk pelanggan tarif adjusment (non subsidi) dan tarif non adjusment (subsidi) sebesar 20% dari biaya beban atau rekening minimum.


    votre commentaire
  • Order dari komplek perumahan atau perkantoran, dirasakan masih cukup signifikan. Namun, harus diikuti dengan kesiapan dengan model dan konsep yang inovatif. “Untuk pembuatan taman, ataupun permintaan aneka jenis patung untuk dekorasi taman masih cukup diminati di Kota Bekasi,” ungkap Anis Alfian (52), perajin patung dekorasi taman, kepada Cendana News, Selasa (2/7/2019).

    Baca Juga: kusen pintu aluminium

    Anis Alfian, mulai membuat patung sejak 1982. Sudah hampir 20 tahun mangkal di pojok Jalan Prisdo Pintu Air, Kota Bekasi untuk menjual aneka ukiran. Aneka patung seperti burung bangau, orang-orangan dan tumbuhan jamur sering dibeli untuk mempercantik rumah.

    Ukiran patung yang dibuat Anis Alfian, berbahanbaku semen, pasir, kawat dan perekat. Semuanya bisa dibentuk sesuai pesanan. Untuk harga jual disesuaikan dengan ukuran patung. “Saya menjual pemasangan di taman rumah. Jika pembeli ingin langsung dipasang di rumahnya. Tapi harga tentu beda, beli langsung berikut pemasangan,” tandas Alfian.

    Alfian juga menerima dekorasi pembuatan taman rumahan, taman umum atau perkantoran. Untuk harga pembuatan, Alfian memasang tarif jasa Rp650 ribu, dengan ukuran satu meter persegi.

    Harga tersebut diklaim merupakan harga pasaran jasa pembuatan taman di Kota Bekasi. Untuk harga patung bangau, jamur atau orang-orangan dijual Alfian dari Rp35 ribu sampai Rp125 ribu, menyesuaikan ukuran patung.

    Alfian menyebut, omset usahanya sekarang berkurang karena pelebaran jalan hingga mengurangi lahan parkir. Namun demikian, Dia masih bersyukur, karena lahan tempatnya mangkal selama puluhan tahun tersebut tidak digusur oleh pemerintah setempat.

    “Dulu, waktu tempat parkir masih luas, banyak yang lewat dan mampir melihat dan bertanya. Sekarang masih ada, tapi tidak seperti dulu. Hanya mereka yang mampir minta datang ke rumah saja,” tandas Alfian.

    Pilihan Redaksi: Semen Tiga Roda

    Saat ini, Alfian bisa mengantongi omzet rata-rata Rp2 juta untuk penjualan patung perbulan. Namun demikian, usaha jasa pembuatan taman ataupun menjual patung, omzetnya tidak menentu. Terkadang Alfian bisa mendapatkan pemasukan hingga puluhan juta.

    Alfian tidak sendiri, mangkal di Jalan Presdo Puntu air Bekasi. Dia bersama beberapa perajin seni patung lain. Di jalan tersebut, juga banyak berjejer para menjual aneka tumbuhan untuk pot bunga dan taman.


    votre commentaire
  • Pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna menjelaskan fenomena urban sprawl atau tipe perkembangan kota yang tidak terstruktur, mempengaruhi pembangunan DKI Jakarta di masa depan.

    Artikel Terkait: harga borongan

    "Akibatnya muncul kemacetan, kepadatan, pengambilan air tanah berlebihan, sehingga kota ini makin lama makin crowded," ujar Yayat Supriatna, di Jakarta, Kamis.

    "Itu mempengaruhi perencanaan dan pemanfaatan ruang yang tidak bersinergi," katanya lagi.

    Urban sprawl muncul seiring pertumbuhan penduduk, urbanisasi dan berdiri pusat kegiatan masyarakat, gedung, apartemen, hotel hingga bertambah fasilitas jalan. Fenomena ini kerap dianggap sebagai gejala masyarakat modern akibat konsep pembangunan yang tidak terencana sebelumnya.

    Yayat menyebutkan urban sprawl terjadi hampir merata di DKI Jakarta terutama pusat-pusat pertumbuhan baru, seperti kawasan dekat bandara maupun tepi pantai akibat lemah sistem perizinan pemerintah terkait penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB).

    "Di Jakarta ini banyak bangunan atau perumahan yang tidak memiliki IMB, karena berdiri di atas tanah yang bukan miliknya," ujar dosen Fakultas Lanskap Arsitektur dan Teknologi Lingkungan tersebut.

    Pilihan Redaksi: harga kaca cermin

    Untuk mengendalikan urban sprawl, lanjut Yayat, pemerintah harus ketat dan selektif dalam mengeluarkan IMB.


    votre commentaire
  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (EDM) dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan beberapa proyek kelistrikan di NTB dan NTT. Ada sekitar 16 proyek kelistrikan yang sudah dibangun.

    Proyek kelistrikan di NTB yang diresmikan adalah PLTMG Sumbawa 50 MW, PLTMG Bima 50 MW, GI 150 kV Empang 20 MVA, GI 70kV/150kV Dompu Extension 60 MVA, GI 70 kV Bima Extension 30 MVA, dan GI 70 kV Bonto Extension, dan Tol Listrik Sumbawa yaitu SUTT 70kV GI Taliwang – PLTU Sumbawa Barat, SUTT 150 kV PLTMG Sumbawa – GI Labuhan, SUTT 150 kV Labuhan – Empang, SUTT 150 kV Empang – Dompu.

    Baca Juga: kabel listrik

    Sementara proyek kelistrikan di NTT yang diresmikan adalah PLTMG Maumere 40 MW, PLTS Maumere Ropa Ende 2x1 MWp, dan PLTMH Sita-Borong 2x500 kW. “Tentu hadirnya infrastruktur kelistrikan ini akan membuat kelistrikan di NTB dan NTT akan semakin andal,” tutur Menteri ESDM, Ignasius Jonan, dalam siaran pers, Jumat (26/7).

    Pembangkit-pembangkit baru akan meningkatkan kapasitas penyediaan listrik sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Selain itu, dengan beroperasinya Tol Listrik Sumbawa sepanjang 461 kms yang menghubungkan sistem kelistrikan Sumbawa dan Bima menjadi satu sistem interkoneksi Sumbawa-Bima dan pertama dalam Sistem kelistrikan di NTB yang tentunya akan membuat sistem kelistrikan semakin handal dan effisien.

    Keseluruhan pembangkit yang baru dioperasikan ini dapat melistriki kurang lebih 286.000 kepala keluarga pelanggan listrik 900 VA. Beroperasinya pembangkit listrik di Nusa Tenggara ini berpotensi mengurangi biaya pokok produksi kurang lebih Rp 18,02 miliar perbulan dibandingkan jika menggunakan PLTD.

    Khusus di NTB, hingga bulan Juni 2019, rasio elektrifikasi telah mencapai 97,9%. Beroperasinya infrastruktur-infrastruktur kelistrikan baru ini dapat meningkatkan rasio elektrifikasi mencapai 99% di akhir tahun 2019. Kehadiran infrastruktur kelistrikan juga diharapkan dapat mendorong munculnya bisnis dan industri di Pulau Sumbawa.

    Sementara untuk di NTT hingga Juni 2019, rasio elektrifikasi telah mencapai 72% dan ditargetkan dapat mencapai 90% pada akhir tahun 2019. “Kita harus sepakati akhir tahun 2019 untuk NTB mencapai 99%. PLN terus bekerja keras, tentu dibantu Pemerintah Daerah,” ucap Jonan.

    Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN, Djoko Rahardjo Abu Manan optimis rasio elektrifikasi di NTB dan NTT akan mencapai target yang telah ditentukan. “Kami terus bekerja dan optimis bisa mencapai target. Untuk NTB mencapai 99 persen dan NTT 90 persen untuk RE di tahun 2019,” ucap Djoko.

    Sambungan Listrik Gratis

    Pada kesempatan ini PLN melalui program PLN Peduli memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada 1.000 rumah tangga tidak mampu. Sementara Pemerintah Provinsi NTB juga memberikan hibah berupa sambungan listrik gratis kepada 950 rumah tangga tidak mampu. Bantuan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan RE di NTB.

    “Kami ingin seluruh masyarakat dapat terlistriki, saat ini kami bisa bantu untuk di NTB sendiri ada 1.000 rumah tangga tidak mampu. Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat mendorong peningkatan rasio elektrifikasi,” terang Djoko.

    Pilihan Redaksi: sambungan pipa PVC

    Salah satu penerima bantuan sambungan listrik dari PLN di Dusun Kanar, Desa Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Jatiman menyampaikan terima kasihnya atas bantuan yang telah diberikan oleh PLN.

    “Saya sangat bersyukur sekarang bisa menikmati listrik sendiri, jadi tidak bergantung dengan tetangga lagi. Semoga PLN semakin maju,” ujar Jatiman.


    votre commentaire