• Rumah Ali Imron, warga Dusun Corot Desa Danasri Kecamatan Nusawungu, habis dilalap api, Sabtu (24/8). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 12.35 WIB itu, diduga berasal dari pembakaran serutan kayu di samping rumah.

    Baca Juga: triplek melamin

    Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi mengatakan, pemilik rumah sedang menyerut kayu di belakang rumahnya. Selanjutnya, hasil serutan kayu tersebut dibakar di samping rumah.

    “Di sebelah rumahnya, ada orang gila yang mengambil sepedanya. Si pemilik pun akhrinya beranjak meninggalkan rumah, dan setelah kembali rumahnya sudah terbakar,” katanya.

    Ali Imron pun, langsung berteriak meminta bantuan tetangga dan melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Damkar Pos Kroya. Dibantu Satdamkar Pos Kemranjen Banyumas, dua unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api.

    Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, tetapi kurugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Selain 1 unit rumah berukuran 9×17 meter yang habis terbakar, Ali Imron juga kehilangan alat kerja meliputi kompresor, mesin alkon, mesin kayu, bor, grinda, 4 unit sepeda, dokumen penting, hingga kayu bahan kerja.

    Artikel Terkait: acrylic

    “Belakangan ini kebakaran pemukiman banyak terjadi akibat kelalaian manusia, termasuk karhutla (kebakaran hutan dan lahan). Ini menjadi PR kami untuk semakin gencar sosialisasi dan penyuluhan,” katanya.


    votre commentaire
  • Semakin hari, kebutuhan manusia akan cat semakin bertambah. Mulai dari cat tembok, cat kayu, cat besi hingga cat semprot.

    Melihat hal tersebut, sekelompok mahasiswa UNY yang terdiri dari Adelia Putri Hestiana Dewi, Anita Rahmawati dan Fakhrizal Naufal dari jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA memanfaatkan zeolit alam dan selulosa dari sabut kelapa sebagai bahan pengisi dan perekat pada cat dinding.

    Baca Juga: warna cat tembok

    Adelia mengatakan selama ini sabut kelapa pemanfaatannya belum dioptimalkan dengan baik, padahal sabut kelapa bisa menjadikan salah satu produk cat yang ramah lingkungan.

    • Batik Kibasan Sabut Kelapa dari Bantul Pakai Bahan Pewarna Alami

    Menurutnya komponen dasar sabut kelapa sendiri terdiri dari selulosa, hemiselulosa dan lignin, yang mana hal tersebut bisa digunakan sebagai bahan matrik pada komposit zeolite.

    "Sabut kelapa mengandung serat (fiber) dan gabus (pitch) yang menghubungkan satu serat dengan serat yang lainnya. Sabut kelapa ini terdiri dari 75% serat dan 25% gabus. potensi penggunaan serat sabut kelapa sebagai biosorben untuk menghilangkan logam berat dari perairan cukup tinggi karena serat sabut kelapa mengandung lignin dan selulosa,” katanya.

    Anita Rahmawati mengatakan, untuk penelitian sendiri dilakukan di Fakultas MIPA UNY.

    Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, satu set alat refluk, erlenmeyer, gelas beker, hot plate stirrer, pengaduk magnet, corong gelas, kertas saring, oven pemanas, neraca analitik, termometer, cawan petri, XRD, FT-IR, SEM, peralatan gelas, mufel furnance.

    Sedangkan bahan yang diperlukan adalah sabut kelapa, zeolit alam, aquades (H2O), natrium hipoklorit (NaOCl), asam klorida (HCl), aseton (p.a), natrium hidroksida (NaOH), acrylix, asam nitrat (HNO3), natrium nitrit (NaNO2), dinatrium sulfit (Na2SO3) dan selulosa komersial mikrokristalin.

    Artikel Terkait: harga cat aquaproof

    "Setelah melalui beberapa proses penelitian di laboratorium seperti preparasi zeolit alam, delignifikasi dan ekstraksi nano selulosa sabut kelapa, aktivasi zeolit alam, sintesis komposit zeolit nano selulosa, uji karakteristik nano selulosa sabut kelapa dan karakterisasi komposit zeolit nano selulosa sabut kelapa, maka pembuatan cat tembok emulsi dilakukan," ungkapnya.

    • Komposisi Warna Cat Tentukan Karakter Motor

    Acrylix dilarutkan sebanyak 300 gram ke dalam 300 ml air, lalu diaduk hingga homogen, kemudian ditambahkan komposit zeolit-nano selulosa dari sabut kelapa sebanyak 100 gram, setelah itu kembali diaduk dengan menggunakan magnetic stirrer hingga homogen dan menjadi cat tembok emulsi.

    "Cat tembok emulsi yang diperoleh selanjutnya dianalisis berdasarkan SNI 3564:2009 tentang syarat mutu cat tembok emulsi dengan parameter uji kadar padatan total, waktu mengering sentuh, waktu mengering keras, pH, kehalusan dan daya tutup," terangnya

    Sebelumnya, penelitian ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta tahun 2019 dan lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang akan diselenggarakan di Bali akhir Agustus ini.


    votre commentaire
  • Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu berjanji akan mempekerjakan dua orang anak dari korban tertimpa pohon tumbang di daerah itu Rabu (11/9) sebagai tenaga honorer.

    Baca Juga: upah tukang bangunan jakarta 2020

    Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi bersama dengan ketua DPRD sementara Rejang Lebong Wahono saat mengunjungi rumah duka almarhumah Erna (47) di Jalan Padat Karya RT 01 RW 04, Kelurahan Talang Rimbo Lama, Kecamatan Curup Tengah, Kamis, mengatakan bahwa korban ini memiliki lima orang anak dua diantaranya baru selesai kuliah sedangkan lainnya masih sekolah SMP dan SMK.

    "Korban ini memiliki lima orang anak, di mana satu orang sudah selesai kuliah dan satu lagi bulan depan akan wisuda. Kita sudah sepakat dengan DPRD, kedua anak korban ini kita tarik ke pemda sebagai tenaga honorer," ujar dia.

    Selain itu tambah dia, untuk anak korban yang masih kuliah akan diberikan beasiswa sampai selesai termasuk juga anak ke empat korban yang masih sekolah SMK.

    Selama ini korban (almarhumah Erna) merupakan tulang punggung keluarga bersama-sama dengan suaminya memenuhi kebutuhan keluarganya, mengingat sang suami bekerja sebagai tukang bangunan yang terkadang tidak dapat borongan kerja.

    Sementara itu, bantuan berupa uang santunan, bahan makanan kata Bupati Ahmad Hijazi selain diberikan kepada keluarga korban Erna juga diberikan kepada keluarga almarhumah Rosita, yang rencananya akan diserahkan Wabup Iqbal Bastari di Kecamatan Padang Tepung, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel, Jumat besok.

    Untuk mencegah terjadinya kasus serupa dirinya sudah memberikan seminggu yang lalu memberikan saran kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rejang Lebong agar melakukan pemangkasan pohon pelindung di sepanjang Jalan Sukowati Curup, namun ini belum terealisasi sudah roboh duluan.

    Artikel Terkait: kayu

    "Seminggu yang lalu sudah disarankan untuk pangkas, tetapi karena bertepatan dengan acara tahun baru Islam sehingga belum terealisasi. Himbauan ini juga sudah disampaikan oleh DPRD Rejang Lebong dua bulan lalu, tapi belum sempat terealisasi Allah berkehendak lain," kata dia.

    Sedangkan, Misro (45) suami almarhumah Erna mengucapkan terima kasih karena telah diberikan bantuan dan di janjikan pekerjaan untuk kedua anaknya baru tamat kuliah. Selama ini almarhumah isterinya itu bekerja sebagai penjual jamu keliling sehingga pendapatannya bisa membantu keluarga, mengingat dirinya hanyalah tukang bangunan yang terkada tidak bekerja jika tidak mendapatkan borongan.

    Sebelumnya, angin kencang yang terjadi wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Rabu (11/9) sekitar pukul 12.30 WIB menyebabkan pohon jenis dadap di Jalan Sukowati Curup, persisnya di depan SMPN 2 Rejang Lebong, tumbang dan menimpa empat orang serta satu unit sepeda motor merek Yamaha Mio J pelat BD 1505 DC yang ditumpangi korban bernama Safitri.

    Akibat kejadian, ini satu orang korban atas nama Erna (47), warga Kelurahan Talang Rimbo Lama, Kecamatan Curup Tengah meninggal dunia tidak lama setelah kejadian.

    Sedangkan korban lainnya bernama Rosita (38), warga Desa Tasikmalaya, Kecamatan Curup Utara yang menderita luka cukup parah tidak lama setelah di rawat di RSUD Curup juga meninggal dunia dan jenazahnya dibawa pihak keluarganya guna dimakamkan di Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

    Sementara itu, Salfa Salsabila (10), anak dari almarhumah Rosita hanya mengalami luka dibagian kaki kanan, termasuk juga korban lainnya atas nama Safitri (35) mengalami luka-luka sehingga harus menjalani perawatan di RSUD Curup.


    votre commentaire
  • Informa Custom Furniture yang merupakan pengembangan produk furnitur untuk dapat memaksimalkan ruangan, yang dibuat khusus sesuai dengan ukuran, style, kebutuhan dan anggaran biaya pelanggan. Gerai pertama ini hadir di Solo, tepatnya di Mall Solo Paragon Lantai LG.

    Bertha Hapsari, Senior Marcomm Manager Informa, menjelaskan, seiring dengan makin terbatasnya lahan dan tingginya harga hunian, tren interior desain dan arsitektur bangunan di Indonesia juga berkembang cukup dinamis.

    Maraknya bangunan vertikal seperti apartemen, serta konsep Small Office Home Office (SOHO) yang menggabungkan antara hunian dan perkantoran, memberikan solusi sekaligus mencerminkan gaya hidup masa kini yang serba praktis dan efisien.

    Selain itu, rencana Kota Solo menjadi Kota Bisnis dengan maraknya pembangunan mall dan apartemen serta kawasan komersial, menjadi alasan Informa untuk menghadirkan Custom Furniture yang dapat memanfaatkan sudut ruangan lebih efisien dengan beragam pilihan materi, warna, gaya, serta ukuran yang bisa disesuaikan untuk berbagai kebutuhan baik hunian maupun bisnis.

    Baca Juga: atap baja ringan

    “Jika sebelumnya kami sudah menghadirkan ratusan ribu produk furnitur yang ready-made dan elektronik, kini Informa menjadi semakin lengkap dengan kehadiran Custom Furniture. Hal ini sesuai dengan komitmen kami untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas produk dan layanan.” jelas Bertha.

    Informa Custom Furniture menyediakan beragam desain dan material untuk menciptakan tampilan interior yang selaras untuk keseluruhan ruangan di dalam rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang kerja, kamar tidur, ruang makan, kamar mandi, hingga daun pintu, selaras dengan moto- nya yaitu Made to Your Request.

    Dengan desain yang mengikuti tren internasional dan menggunakan material yang ramah lingkungan E0 atau E1 dari Eropa, tampilan di setiap ruangan akan terlihat lebih elegan, fungsional dan berkualitas tinggi.

    Keunggulan lainnya dari produk Custom Furniture adalah materialnya yang anti lembab, bebas bau, tahan panas, dan tidak beracun. Tersedia juga material terbuat dari plywood (multipleks) yang 15 kali lebih kuat dibanding papan kayu biasa dan memiliki berat material lebih ringan.

    Di Informa Custom Furniture, pelanggan akan didampingi oleh desainer interior profesional untuk mendapatkan desain furnitur yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan melalui beberapa langkah. Dimulai dengan menentukan desain furnitur dan material yang diinginkan, mengukur dengan tepat ruangan yang akan dipasang furnitur, serta membuat gambar desain.

    Proses pembuatan gambar desain (3D) di Informa Custom Furniture menggunakan software yang mudah dan cepat sehingga pembuatannya hanya dalam waktu 15 menit yang normalnya membutuhkan waktu minimal 5 jam. Setelah desain dan harga disepakati, serta proses produksi selesai, maka furnitur akan dikirim dan dipasang oleh tim installer Informa Custom Furniture yang berpengalaman.

    Pilihan Redaksi: bahan spandek

    “Saat ini Informa Custom Furniture telah memiliki showroom dan counter yang berlokasi di Pekanbaru, Tangerang, Jakarta, Bekasi, Bandung, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.Namun, produknya juga bisa dipesan di seluruh Informa yang ada di Indonesia,” jelas Bertha.


    votre commentaire
  • Rumah merupakan bagian dari kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Tentu semua orang pasti ingin memiliki rumah sendiri yang nyaman dan aman untuk keluarga. Sayangnya, biaya bangun rumah yang lumayan tinggi membuat banyak orang belum sanggup melakukannya.

    Apalagi di saat bersamaan kebutuhan sehari-hari tetap harus dipenuhi. Mempunyai rumah sendiri memang menjadi impian semua orang. Karena tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dengan adanya tempat tinggal, Anda dapat beristirahat dengan nyaman setelah seharian beraktivitas di luar.

    Baca Juga: kitchen set aluminium

    Membangun rumah memang tidak semudah yang dibayangkan dan biaya yang dibutuhkan pun tidak murah. Anda harus menyiapkan budget khusus untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman.

    Untuk membangun rumah impian, Anda bisa mulai menghitung kemampuan keuangan pribadi yang disesuaikan dengan jenis rumah yang ingin dibangun. Jika dana yang Anda miliki terbatas, Anda tidak perlu membangun rumah yang mewah dan megah. Anda bisa memilih rumah bergaya minimalis untuk jadi rumah idaman.

    Nah, kalau Anda tahu strategi untuk menekan biaya bangun rumah, Anda bisa menghemat banyak rupiah. Untuk Anda yang masih ragu dengan permasalahan biaya bangun rumah per meter, simak cara hemat bangun rumah di bawah ini sebagaimana dikutip dari Tunaikita.com.

    1. Buat anggaran kebutuhan bahan secara rinci Anda bisa merencanakan pembangunan rumah secara jelas dan detail, agar Anda dapat mengetahui dengan jelas dana yang Anda keluarkan dihabiskan untuk apa saja. Jika Anda sudah mengetahui ukuran bangunan, bentuk rumah, dan target waktu pembangunan. Mulai untuk membuat anggaran secara rinci.

    Karena anggaran kebutuhan ini akan menjadi acuan tiap kali akan membayar segala kebutuhan pembangunan nantinya. 2. Gunakan desain rumah minimalis Seperti yang sudah dibahas di atas.

    Anda tidak perlu bangun rumah mewah dan megah jika dana yang Anda miliki tidak terlalu banyak. Anda bisa menyiasatinya dengan membangun rumah dengan gaya minimalis. Selain gaya rumah minimalis sedang tren sekarang ini, rumah minimalis juga mempunyai banyak kelebihan.

    Salah satu ciri konsep rumah minimalis adalah membuat sebuah ruangan menjadi multifungsi. Contohnya, anda bisa memanfaatkan ruang dapur sekaligus menjadi ruang makan.

    Tanpa banyak ruangan, konsep gaya minimalis ini tentu menekan jumlah serta biaya penggunaan bahan bangunan. Selain itu, yang tidak memakai jasa arsitek tidak perlu khawatir, Anda bisa mencontek banyak desain rumah minimalis melalui internet.

    3. Lakukan survey harga material Biaya bahan bangunan menjadi salah satu faktor yang membuat biaya bangun rumah Anda membengkak.

    Pilihan Redaksi: desain pagar rumah

    Biasanya toko-toko bangunan punya harga material yang sangat bervariatif. Untuk itu, sebelum mulai membeli bahan bangunan untuk membangun rumah impian, luangkan waktu untuk melakukan riset harga bahan-bahan bangunan yang akan digunakan.

    Biasanya harga satu toko dengan yang lainnya berbeda-beda. Bisa jadi harga semen di toko A lebih murah dari toko B. tapi harga paku di toko B masih lebih murah dibandingkan toko A.

    Anda tidak perlu sungkan untuk keluar masuk toko bangunan dan melakukan riset harga. Jangan lupa pertimbangkan juga total biaya yang kamu butuhkan untuk melakukan riset harga ke satu toko ke toko lain.

    4. Pilih bahan bangunan lokal berkualitas Anda tentu ingin menggunakan bahan-bahan yang berkualitas ketika membangun rumah idaman, kan? Sekarang sudah banyak bahan bangunan lokal yang tak kalah berkualitas.

    Jadi, Anda tidak perlu memakai semua material produksi luar negeri yang harganya relatif mahal. Bahan bangunan lokal biasanya mempunyai harga yang cukup terjangkau dibandingkan produk luar negeri.

    Jadi, Anda bisa menghemat biaya yang lumayan jika menggunakan produk dalam negeri.

    5. Pakai jasa tukang bangunan borongan, bukan harian Salah satu hal penting dalam membangun rumah idaman yaitu tukang bangunan, tanpa adanya tukang bangunan rumah yang akan kamu bangun tidak akan selesai.

    Biaya untuk membayar jasa merekalah yang paling menyita anggaran cukup besar. Pilihlah tukang yang telah berpengalaman dan memiliki reputasi kerja yang baik, agar dana yang dikeluarkan tidak sia-sia nantinya.

    Ada dua cara pembayaran upah jasa tukang bangunan, yaitu sistem harian dan borongan. Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Sistem tukang harian biasanya dinilai memiliki kualitas kerja yang lebih baik dibanding sistem borongan, karena sistem borongan mendorong tukang untuk segera menyelesaikan pekerjaannya agar cepat selesai.

    Pada sistem borongan ini Anda juga dapat memprediksi total biaya pekerjaan dengan lebih pasti daripada sistem harian. Pekerjaan dengan sistem borongan biasanya juga lebih cepat ketimbang sistem harian, sehingga lebih dapat menekan biaya dan Anda juga bisa lebih cepat menempati rumah idaman.


    votre commentaire