• Kesulitan penerjemahan khususnya dirasakan pada bagian teks yang ditulis dalam bahasa Hurrian dari Kaukasus timur laut, mungkin yang sekarang berada di Armenia, namun berujung di lahan subur Suriah.

     

    "Orang-orang ini bermigrasi ke arah barat laut Suriah selama dua ribu tahun dan memutuskan menggunakan aksara Babylonia untuk menulis teks serta musik mereka. Karena itu, amat sulit diterjemahkan," kata Dumbrill.

     

    "Bagaimanapun, saya bisa menemukan arti teks di bawah dua garis adalah nama musik yang dijadikan bahasa Hurrian. Mereka sebenarnya orang Babylobia namun berubah setelah bertemu orang Hurrian. Dan saya tahu bahwa itu melodi. Perlu 20 tahun untuk menerjemahkan," sambungnya.

     

    Lantas apa yang bisa digali dari orang-orang yang hidup zaman itu berdasarkan komposisi musik kuno yang diterjemahkan?

     

    Dumbrill meyakini mereka punya katalog berisi lagu-lagu untuk semua acara dan perasaan, bukan hanya himne untuk acara keagamaan.

    Baca Juga: pengertian teks anekdot

    Sebuah lagu, misalnya, bercerita tentang seorang pelayan kedai minuman yang menjual bir ke pelanggan. Pada tablet H6, ceritanya lebih jelas.

     

    "Ini tentang seorang perempuan muda yang tidak bisa punya anak. Dia mengira karena dia berlaku tidak baik, yang tidak disebutkan. Dan dari yang kita bisa pahami dari teks ini, dia pergi berdoa ke Dewi Nigal pada malam hari—yang merupakan dewi bulan. 

    Artikel Terkait: contoh anekdot

    Dia membawa guci timah berisi biji wijen dan minyak wijen yang kemudian disajikan untuk dewi tersebut. Itulah yang ketahui berdasarkan teks tersebut."

     

    Suriah tidak hanya memproduksi melodi awal. Seiring waktu, kumpulan instrumen musik diciptakan di kawasan itu, seperti alat musik petik bernama lyre dan oud.

     

    Suriah tidak hanya memproduksi melodi awal. Seiring waktu, kumpulan instrumen musik diciptakan di kawasan itu, seperti alat musik petik bernama lyre dan oud.

     

    Di Mari, sebuah kota zaman perunggu di tepian Sungai Efrat yang kini merupakan Suriah era modern, peneliti pada abad ke-20 menemukan sejumlah catatan yang merinci bisnis pembuatan instrumen musik kala itu.

     

    "Di sebuah istana (di Mari) kami menemukan sejumlah tablet yang kebanyakan surat dan tanda terima materi dari pengrajin yang meminta kulit, kayu, emas, dan perak untuk membuat instrumen," ujar Dumbrill.

     

    "Karena itu, kami punya gambaran sangat bagus mengenai instrumen yang dibuat sekitar 4.000 tahun lalu. Kami tahu nama pengrajinnya, kami tahu tipe instrumen yang mereka buat. Mereka sudah dipengaruhi oleh instrumen-instrumen bukan dari Suriah," sambungnya, sembari merujuk alat musik petik parahshitum dari Iran yang sangat populer di kalangan perempuan-perempuan di Mari.

     

    Produksi instrumen musik terus berkembang di Suriah selama abad-abad selanjutnya dan banyak yang dirawat sebagai koleksi untuk dilihat umum. Sumber : Anekdot.


    votre commentaire
  • Pendiri dan Pemimpin CT Corp, Chairul Tanjung, mempromosikan Indonesia pada investor China di acara 'Indonesia-Hong Kong Strategic Partnership, on the Belt and Road Initiative' di Hotel Shangri-La, Jakarta. Pasar Indonesia, menurutnya, akan segera mengungguli Amerika Serikat (AS). Ini akan menjadi faktor seksi penarik investasi.

     

    Bahas penataan depan gedung Trans Corp, Sandi temui Chairul Tanjung

    "Saya orang Indonesia, saya ingin perkenalkan sedikit perekonomian Indonesia. Kami salah satu negara terbesar dalam hal populasi, di mana penduduknya sekitar 200 juta orang. 

    Baca Juga: pengertian populasi

    Tiap tahun ada bayi lahir lebih dari 4 juta, dan kami akan saingi Amerika Serikat (AS) dalam hal populasi," tuturnya di hadapan para delegasi di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (25/4).

    Baca Juga: teknik pengambilan sampel

    Dia menambahkan, populasi masyarakat berusia muda dan produktif di Indonesia pada 30 tahun mendatang akan semakin banyak, melebihi jumlah generasi muda di masa sebelumnya. "Kita harus tahu, mereka konsumen. Dan akan ada orang kaya baru. Mereka akan lebih konsumtif daripada menumbuhkan kebiasaan menabung," jelas dia.

    Artikel Terkait: arti indikator

    Selain itu, dia menyebutkan, sekitar 6 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia disokong oleh konsumsi domestik. Ini akan menciptakan banyak peluang investasi. "Kerjasama ini bisa ciptakan banyak peluang di negara ini (Indonesia). Ini peluang emas untuk China dan Hong Kong, jangan sampai lewatkan kesempatan ini karena nanti bisa diambil sama orang lain," tukas dia.


    votre commentaire
  • Di hadapan Dewan Keamanan PBB, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menegaskan Indonesia tak akan memberikan ruang bagi ekstremisme dan terorisme. Di depan 15 negara anggota DK PBB, Menlu juga menyinggung insiden serangan teroris di Surabaya 16 Mei 2018.

     

    Hal itu diutarakan Retno dalam pernyataannya di Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB bertema "Upholding international law within the context of the maintenance of international peace and security", di Markas Besar PBB, New York, Kamis, 17 Mei 2018.

     

    Menyikapi peristiwa itu serta berbagai potensi ancaman teror lintas dunia, Retno mengajak seluruh anggota PBB untuk "bersatu dalam mengembangkan pendekatan global yang komprehensif dalam memerangi terorisme dan ekstremisme". Demikian seperti dikutip dari rilis resmi Kementerian Luar Negeri RI, Jumat (18/5/2018).

     

    Retno juga menekankan perlunya Dewan Keamanan PBB menjalankan mandatnya dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan internasional dengan menjadi bagian dari solusi dan bukan bagian dari permasalahan itu sendiri.

     

    Menlu menegaskan pentingnya anggota Dewan Keamanan PBB menegakkan hukum internasional dan mengimplementasi berbagai resolusi yang dihasilkan agar kerja dan berbagai produk yang dihasilkannya bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat dunia.

     

    "Menjadi tanggung jawab kerja Dewan Keamanan PBB untuk bekerja sesuai hukum internasional, mengimplementasikan semua komitmen dan resolusi yang dihasilkan agar tidak seperti sekarang, di mana sebagai contoh, banyak resolusi mengenai Palestina yang dihasilkan tidak diimplementasi," tutur Menlu Retno.

     

    Debat terbuka itu diselenggarakan di bawah presidensi Polandia di Dewan Keamanan PBB dan dipimpin oleh Presiden Polandia. Tercatat 12 pejabat setingkat menteri serta 74 negara anggota PBB ikut serta dalam debat terbuka ini.

    Artikel Terkait: contoh teks eksplanasi sosial

    Tema debat terbuka yang diusung Polandia dilatarbelakangi semakin meningkatnya jumlah pelanggaran terhadap hukum internasional yang hanya akan melahirkan konflik dan krisis.

    Baca Juga: pengertian teks eksplanasi

    Oleh sebab itu, pertemuan ini diharapkan dapat mengingatkan anggota PBB untuk senantiasa menjalankan kewajibannya dengan menegakkan hukum internasional dan Piagam PBB.


    votre commentaire
  • Indonesia bukan tur dunia? Orang itu bilang berarti yang nonton orang Indonesia aja. Saya kasih lihat videonya orang-orang pada bisa nonton nih. Dia bilang bahasa Inggris lebih internasional," jelasnya.

     

    "Terus saya tanya, artis Korea lagi keliling dunia, mereka pakai bahasa inggris? Dia bilang yah pakai bahasa korea. Saya bilang, kenapa ngga kita bikin karya semakin bagusnya sehingga orang luar jadi belajar Bahasa Indonesia. Dari pada kita belajar Bahasa Korea demi nonton Drama Korea," lanjutnya.

     

    Tidak Minder

     

    Pandji menegaskan dirinya sama sekali tidak minder menggunakan Bahasa Indonesia dalam Konser 'Pragiwaksono World Tour 2018' nya, dikarenakan pengalamannya yang di mana masyarakat dunia, sangat senang dengan Bahasa Indonesia.

     

    "Memang bahasa Indonesia salahnya dimana? Kenapa minder sama bahasa sendiri. Pas dikasih lihat videonya, mereka semua pada kaget. Kok ternyata orang sana bisa bahasa Indonesia. Memang banyak sebenarnya, makanya kita jangan minder sama bahasa Indonesia, bahasa kita. Orang indonesia punya tendensi merendahkan bahasa dan bangsanya sendiri," ungkapnya.

    Baca Juga: eksposisi

    Lanjut Pandji, ia sangat yakin banyak warga dunia yang bisa mengerti bahasa Indonesia, sehingga ia sangat percaya diri menggunakannya dalam tur dunianya saat ini.

    Artikel Terkait: contoh paragraf eksposisi

    "Saya merasa ngga perlu minder sama bahasa Indonesia karena mereka bisa. Paling banyak di Australi, China, dan Belanda. Di luar negeri kebanyakan bahasa Indonesia urutan ke-5 diminati untuk dipelajarin," ujar Pandji Pragiwaksono.


    votre commentaire
  • Penegakan hukum internasional sangat penting untuk melindungi pihak yang lemah dari perlakuan semena-mena pihak yang merasa kuat. Hal itu ditegaskan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di debat terbuka Dewan Keamanan (DK) PBB.

     

    Retno mengingatkan bahwa masyarakat dunia adalah konstituen dari DK PBB. Karenanya ia pun menekankan perlunya DK PBB menjalankan mandatnya dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan internasional dengan menjadi bagian dari solusi dan bukan bagian dari permasalahan itu sendiri.

     

    Wanita berkacamata itu menegaskan pentingnya anggota DK PBB menegakan hukum internasional dan mengimplementasi berbagai resolusi yang dihasilkan agar kerja dan berbagai produk yang dihasilkannya bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat dunia. 

     

    “Menjadi tanggung jawab kerja Dewan Keamanan PBB untuk bekerja sesuai hukum internasional, mengimplementasikan semua komitmen dan resolusi yang dihasilkan agar tidak seperti sekarang, dimana sebagai contoh, banyak resolusi mengenai Palestina yang dihasilkan tidak diimplementasi,” tutur Retno di hadapan 15 negara anggota DK PBB.

     

    Retno juga menyampaikan pentingnya pengaturan dan arsitektur kawasan sebagai building block untuk tercapainya perdamaian dan stabilitas global. Dalam hal ini Retno mencontohkan organisasi regional seperti ASEAN.

     

    ASEAN telah banyak berkontribusi dalam menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara, dengan mengedepankan peaceful settlement of dispute, habit of dialogue dan win-win solution. Perdamaian di kawasan ini tentunya berkontribusi dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan global. 

     

    "ASEAN akan terus menjadi garda terdepan dalam wewujudkan perdamaian tidak hanya di Asia Tenggara namun juga di Indo-Pasifik,” terang Retno dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (18/5/2018).

    Baca Juga: tujuan hukum

    Dalam pertemuan tersebut, Retno juga menyinggung terkait insiden serangan teroris di Surabaya. Di tekankan bahwa Indonesia tidak takut pada terorisme dan tidak akan memberi ruang bagi ekstrimisme dan terorisme. Ia pun mengajak seluruh anggota PBB untuk bersatu dalam mengembangkan pendekatan global yang komprehensif dalam memerangi terorisme dan ekstrimisme.

    Artikel Terkait: ekonomi


    votre commentaire