• Pemerintah telah menetapkan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai lokasi ibu kota baru.

    Masterplan pembangunan ibu kota baru diperkirakan akan rampung pada 2020. Secara fisik, pemerintah menargetkan akan selesai pada 2024. Itu artinya, pemerintah akan fokus memenuhi target waktu yang telah ditetapkan.

    Baca Juga: plakat akrilik

    Vice President PT Tata Logam, Stephanus Koeswandi, mengatakan, pemindahan ibu kota menjadi momentum bagi para pengusaha jasa konstruksi untuk membuktikan bahwa Indonesia juga mampu membangun infrastruktur dalam waktu relatif singkat.

    "Kita akan buktikan dengan penggunaan material baja ringan, pembangunan di Ibu Kota baru bisa berjalan maksimal," ujar Stephanus kepada Beritasatu.com di Jakarta, Senin (11/11/2019).

    Stephanus mengatakan, Domus Revo merupakan salah satu produk Tata Logam yang mengusung inovasi teknologi terbaru dalam pembangunan hunian. Produk dinilai cocok untuk mendukung pembangunan hunian di ibu kota baru.

    "Produk ini, sangat cocok bagi masyarakat yang mau membangun rumah atau merenovasi rumahnya dalam waktu hanya 5 hari,” jelas Stephanus.

    Menurut Stephanus, Domus Revo merupakan bahan bangunan yang komponen-komponen penyusunnya telah dipersiapkan sebelumnya atau pun telah diproduksi di pabrik. Setiap komponen di-packing terpisah dan diberi label penjelasan secara detil tentang cara perakitan.

    "Domus Revo memberikan kemudahan bagi konsumen dalam membangun rumahnya, semudah kita membeli furniture knockdown dan kemudian merakit sendiri di rumah. Konsumen bisa membangun sendiri, karena komponen-komponennya jelas,” ujar Stephanus Koeswandi.

    Artikel Terkait: harga cat acrylic

    Lebih lanjut, Stephanus menambahkan, kelebihan dari rumah yang dibangun dengan teknologi Domus Revo ini adalah proses pembangunannya yang terbilang sangat cepat. Selain itu, proses pembangunan juga tidak membutuhkan banyak pekerja serta tidak ada bahan-bahan dalam membangun rumah yang terbuang.

    “Hal ini tentunya dapat memotong anggaran pengeluaran secara signifikan, sehingga biaya membangun rumah menjadi lebih hemat,” pungkas Stephanus.


    votre commentaire
  • Ambruknya atap rangka galvalum SDN Gentong I Pasuruan yang menewaskan setidaknya 2 orang dan puluhan lainnya luka menyisakan kesedihan dan kekecewaan mendalam.

    Pasalnya kejadian itu diduga akibat kesalahan konstruksi bangunan.

    Ahli Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Ir Mudji Irmawan M.T kepada beritajatim.com mengatakan bahwa hipotesa yang paling mendekati adalah karena kesalahan saat pemasangan awal galvalum.

    “Memang bisa diperkirakan ada kesalahan saat pemasangan awal. Jadi kesalahan sudah terjadi sejak awal,” katanya kepada beritajatim.com, Rabu (6/11/2019).

    Baca Juga: harga baja ringan per batang

    Kemudian ia menerangkan bahwa kejadian runtuhnya konstruksi rangka atap yang menggunakan material galvalum (baja ringan.red) sudah sering terjadi dan mengakibatkan banyak korban.

    “Mencermati kondisi tersebut, saya sudah sering mengingatkan bahwa bahan material Galvalum memang secara kualitas sudah cukup baik karena diproduksi oleh pabrik yang mempunyai kontrol kualitas yang bagus. Namun perlu diingat bahwa baja ringan galvalum mempunyai dimensi yang tipis sehingga rawan mengalami tekuk,” terang Ir Mudji.

    Ir Mudji Irmawan M.T
    Selain itu ia juga mengatakan permasalahan utama dari konstruksi rangka atap baja ringan Galvalum adalah pada saat pelaksanaan konstruksi yang sering tidak mengindahkan kaidah teknis.

    “Khususnya masalah pekerjaan di lokasi sambungan yang menggunakan paku keling. Bilamana terdapat satu saja sambungan paku kelingnya lepas, maka akan terjadi multiple effect (efek beruntun) sambungan paku keling lainnya ikut lepas juga, sehingga konstruksi rangka atap baja ringan galvalum akan runtuh seketika dengan cepat, tidak kuat menerima beban,” tegasnya.

    Ir Mudji mengingat bahwa terkadang banyak yang tidak mengikuti kaidah teknis atau standar operating procedure (SOP) yang berlaku, baik dari sisi kompetensi pekerjanya, pemasangan, komposisi, design dan lainnya.

    Sehingga jika kontraktor menyalahi aturan atau tidak mengikuti tata laksana pembangunannya bisa dipastikan akan terjadi masalah kedepannya.

    “Seringkali pelaksanaan pemasangan konstruksi rangka atap baja galvalum dilaksanakan oleh tenaga yang tidak terampil un-skill labor. Sehingga tidak memahami mana yang betul dan mana yang salah. Harusnya pelaksanaan pemasangan konstruksi rangka atap baja galvalum harus dikerjakan oleh tenaga terampil skill labor,” terangnya.

    Artikel Terkait: harga besi hollow galvanis

    “Jadi kesalahan bisa terjadi diawal. Bisa terjadi ambruk kapan saja. Masalahnya kesalahn itu tidak bisa dideteksi sejak dini. Yang bisa dilakukan adalah memastikan pemasangnya berpengalaman dan terampil skill labor dan mengikuti tata laksana yang ada dan safety,” pungkasnya.


    votre commentaire
  • Kesan minimalis merupakan salah satu desain rumah yang mulai menjamur dan banyak peminatnya. Lalu, bagaimana memilih pagar minimalis yang tepat?

    Artikel ini akan memberikan Anda informasi mengenai ide dan desain pagar minimalis yang dapat Anda pertimbangkan dan pastinya menambah estetika rumah Anda.

    Baca Juga: desain pagar rumah

    Ide dan Desain Pagar Minimalis
    Kehadiran pagar sebelumnya hanyalah berfungsi sebagai pengaman rumah. Namun di zaman yang lebih modern ini, pagar rumah berfungsi sebagai penambah dan bahkan penentu desain sebuah rumah.

    Merancang pagar yang sesuai tentu sama pentingnya dengan merancang desain interior rumah. Pada umumnya pagar rumah terdiri dari 2, yaitu bagian dinding dan pintu pagar.

    Di bawah ini adalah beberapa contoh ide desain minimalis yang dapat Anda terapkan pada pagar rumah Anda:

    #1 Kombinasi Bahan Tembok Dengan Pintu Pagar yang Tepat
    Permainan kombinasi kedua bagian pagar ini dapat memberikan kesan yang sangat indah. Misalnya bagian tembok yang berwarna abu-abu dipadukan dengan pintu pagar berwarna hitam.

    Tidak hanya percampuran warna, material yang digunakan untuk bahan tembok dan pagar dapat memperdalam kesan minimalis yang ditunjukkan.

    Artikel Terkait: tangga rumah minimalis

    Beberapa kombinasi bahan adalah batu bata ekspos dengan besi, pagar rumah dengan tanaman hijau, beton (unpolished concrete) dengan besi.


    votre commentaire
  • Pemerintah terus mendorong pembangunan sejuta rumah di Indonesia. Pembangunan tersebut membutuhkan cukup banyak material berkualitas, salah satunya adalah baja lapis aluminium seng (BJLAS) sebagai bahan baku dari profil baja ringan dan juga atap metal.

    Direktur Industri Logam Kementerian Perindustrian, Dini Hanggandari mengatakan, setiap tahunnya dibutuhkan sekitar 1,5 juta ton baja lapis zinc aluminium untuk pembangunan perumahan ataupun infrastruktur di Indonesia.

    Baca Juga: ukuran besi kolom

    “Seperti kita ketahui, sebenarnya untuk pembangunan perumahan kita masih memerlukan BJLAS untuk infrastuktur itu kita masih butuh banyak baja ringan tersebut," ujar Dini di Kawasan Industri Delta Silicon, Lippo Cikarang, Bekasi, Rabu (9/10/2019).

    "Seperti minggu lalu kita sudah kumpul antara produsen dari baja lapis dan former. Former itu yang baja rangka atap baja ringan, dan genteng atap metal. Itu diperlukan 1,5 juta ton per tahun," sambungnya.

    Dini menjelaskan, kebutuhan BJLAS setiap tahunnya belum dapat dipenuhi produsen dalam negeri. Ia mengatakan, suplai dari 5 produsen BJLAS di Indonesia, yang semuanya tergabung dalam IZASI (Indonesia Zinc Aluminum Steel Industries), baru mencapai sekitar 1,275 ton per tahun.

    "Jumlah itu sendiri, sudah termasuk dengan hasil produksi dari pabrik continuous line PT. Tata Metal Lestari yang baru resmi beroperasi hari ini," kata Dini.

    Oleh karena itu Dini berharap peresmian pabrik baru PT Tata Metal Lestari yang merupakan perluasan usaha Tatalogam Group, mampu memproduksi produk-produk genteng metal dan baja ringan yang menjadi bahan baku industri roll forming.

    Artikel Terkait: harga teralis jendela

    "Jadi kita harapkan dengan Tata Metal Lestari ini inves di sini itu kan sudah termasuk hitungan kami yang 1,275 ton yang bisa disuplai di Indonesia. Kita harapkan ini akan terus berlangsung jadi memang Tata Logam yang roll formernya dan investasi lebih ke hulu dengan bahan baku dari Tata Metal Lestari.

    Kita harapkan semuanya terintegrasi. Ibaratnya pendalaman struktur lah seperti itu," jelasnya.


    votre commentaire
  • Menjadi ‘kontraktor’ alias terpaksa harus mengontrak rumah tak jarang mengharuskan kamu mengeluarkan uang yang banyak. Tujuannya agar bisa menjadikan tempat tinggal menjadi homey.

    Di sisi lain, untuk bisa mengubah rumah nuansa kontrakan tidak sebebas seperti rumah sendiri. Mengecat dinding misalnya, kebanyakan rumah kontrak tidak memperbolehkan penyewa untuk mengubah fasad atau warna cat dinding. Ada juga yang melarang menggantinya dengan wall paper. Namun, hal tersebut tidak membuatmu putus asa dalam mempercantik rumah kontrakan.

    Baca Juga: wallpaper dinding 3D

    Melansir dari The Spruce, Jakarta, Senin (9/9/2019), ada sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk memodifikasi tampilan dinding kamarmu tanpa harus mengeluarkan uang untuk mengecatnya.

    Dekorasi kamar
    1. Gantungkan Kain sebagai Wallpaper

    Sebagian pemilik kost mungkin mengizinkan kamu untuk menggunakan wallpaper, tetapi kamu bisa saja menggunakan kain sebagai gantinya. Dengan menggunakan kain, kamu tidak harus menempel apapun pada dinding seperti halnya wallpaper.

    Jadi kamu bisa meminimalisir kerusakan pada permukaan dinding yang dapat terjadi ketika menggunakan lem. Selain dapat memilih warna dan motif yang lebih bervariasi, penggunaan kain juga lebih menghemat biaya dibandingkan dengan menggunakan wallpaper.

    2. Tutupi Dinding dengan Gorden

    Jika kamu lebih suka tampilan mewah dari kain, tutup salah satu dinding kamarmu dengan menggunakan tirai. Bentangkanlah tirai dari lantai ke langit-langit dan dari dinding ke dinding. Selain menambah warna, mereka akan meredam beberapa kebisingan dari lingkungan sekitar kamarmu. Kamu tidak harus membeli gorden yang baru, mencari di toko gorden bekas juga bisa jadi alternatif, lho! Selain mendapatkan harga yang lebih murah, kamu juga bisa menemukan gorden dengan model jaman dulu yang sangat unik.

    3. Gunakan Kain Bergaya Vintage yang Antik

    Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk menambah warna dan pola pada dinding kamarmu adalah dengan menggunakan kain antik. Pilihan kain dapat bermacam-macam seperti permadani, selimut, permadani atau tenunan pengrajin. Kain dengan warna eksotis, warna-warni, ataupun potongan-potongan motif batik juga tak kalah cantiknya. Gantung kain vintage kamu dengan papan atau tiang kecil yang cocok untuk ukuran kain.

    4. Gantungkan Panel yang terbuat dari MDF atau Hardboard

    Untuk menambahkan motif atau varian warna skala besar ke dinding kamarmu, potong panel dari MDF atau hardboard. Amplas ujung-ujungnya yang halus, lalu beri cat. Kamu dapat membiarkan panel polos, atau membingkainya dengan cetakan bingkai foto yang digunakan untuk panel dinding tradisional.

    Artikel Terkait: harga keramik granit

    Bautkan panel kamu ke dinding di lokasi strategis di sekitar ruangan kamar dan jangan lupa untuk menutup lubang saat kamu pindah kamar nantinya. Anda dapat membiarkan panel warna-warni Anda begitu saja atau melapisi potongan-potongan kecil karya seni berbingkai di atasnya.


    votre commentaire