• Taman merupakan tempat yang cocok untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga.

    Tidak jarang, pemilik hunian meletakkan furnitur yang terbuat dari kayu di taman agar semakin membuat nyaman.

    Baca Juga: harga borongan

    Kayu merupakan produk alami yang memberikan nuansa alam pada taman.

    Akan tetapi, furnitur kayu dapat cepat rusak, terlebih jika berada di tempat yang terbuka seperti taman.

    Oleh karena itu, furnitur kayu seperti kursi taman, pagar kayu, gazebo, dan ayunan kayu sangat memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan tahan lama.

    Dilansir Grid.ID dari laman homebase, terdapat 4 langkah mudah merawat furnitur taman agar tetap awet dan tahan lama.

    Sebelum membersihkan furnitur taman, terlebih dulu kamu harus mempersiapkan beberapa bahan berikut ini:
    - kuas cat
    - ampelas
    - minyak kayu
    - ember
    - cat kayu

    Cara merawat furnitur taman kayu adalah sebagai berikut.

    1. Pertimbangkan Cuaca

    Jika terlalu panas, sebaiknya kamu meletakkan furnitur kayu di tempat yang sedikit lebih sejuk.

    Begitupun sebaliknya, jangan paparkan furnitur kayu di bawah guyuran air hujan maupun suhu yang dingin.

    Hal ini dapat membuat kualitas kayu menjadi lebih terjaga.

    2. Bersihkan Furnitur Kayu

    Kamu bisa mulai dengan menyeka debu dengan kuas atau lap dengan cairan pembersih atau air sabun.

    Jika furnitur kayu benar-benar kotor dan berjamur, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan amplas.

    3. Oleskan Minyak Kayu

    Setelah furnitur benar-benar bersih, kamu bisa mulai mengoleskan minyak kayu dengan menggunakan kuas.

    Pastikan minyak yang mengolesi kayu harus sesuai dengan jenis kayu pada furnitur taman.

    Minyak kayu tersebut dapat mencegah kelapukan pada kayu akibat rayap dan menjaga kualitas kayu tetap awet.

    4. Oleskan Cat Kayu

    Agar furnitur kayu tampak seperti baru, kamu bisa mengecatnya ulang.

    Kamu juga bisa mengombinasikan beberapa warna cat sesuai dengan keinginanmu agar memberikan nuansa berbeda pada tamanmu.

    Artikel Terkait: Upah Perkerja Bangunan

    Namun, pastikan olesan minyak kayu sudah kering sebelum mengoleskan cat kayu.

    Dengan perawatan tersebut, furnitur kayu di tamanmu dapat tetap awet hingga bertahun-tahun.

    Namun, pastikan kamu tetap menjaga dan merawat furnitur di tamanmu minimal enam bulan sekali ya.


    votre commentaire
  • Menghias hunian dengan stiker jadi salah satu pilihan yang mudah dan terjangkau. Perawatannya juga sederhana.

    Berbincang dengan Bintang, pemilik bisnis stiker Hello Kenzo, Ariyuni Trikada Putri berbagi kiat cara memasang dan merawat stiker. Menurut wanita yang akrab disapa Puput ini, stiker bisa digunakan untuk menghias berbagai ruang dalam sebuah hunian.

    Baca Juga: wallpaper dinding 3D

    Media Tempel Stiker

    Yama Carlos Bangga Dipercaya Membintangi Film Rumah Merah Putih
    Mulai dari tembok, permukaan keramik dan kayu, kulkas hingga kompor bisa dihias dengan stiker. "Tapi lantai kamar mandi enggak bisa ditempel dengan stiker, hanya dindingnya saja. Semua tempat bisa, kecuali lantai kamar mandi," beri tahu Puput. Salah satu alasannya, lantai kamar mandi selalu terkena air. Padahal, air jadi musuh utama stiker.

    "Stiker ini memang kalahnya sama air. Tapi selama stiker tidak terendam, tidak masalah. Karena stiker ini tahan air, jadi tidak akan luntur meski dibersihkan memakai pembersih lantai. Kalau terkena air, hanya daya rekatnya akan bekurang tapi stiker tidak akan gampang menjadi hancur seperti bubur," imbuh wanita yang memulai bisnis dengan memasarkan stiker motif tegel kunci ini.

    Selain lantai kamar mandi, Anda juga wajib menimbang untuk menghias lantai pekarangan dengan stiker. "Sebenarnya tidak masalah, tapi lebih baik untuk dinding saja kalau lokasinya di luar ruangan. Karena kalau terkena cipratan terus-menerus, daya rekatnya akan cepat berkurang," ucap Puput. Berbahan dasar kertas, bahaya lain adalah stiker bisa terkoyak. Namun Puput menegaskan stiker tak mudah sobek kecuali ketika terkena benda tajam.

    Usai menentukan ruangan yang akan dihias dengan stiker, pastikan Anda memilih jenis stiker yang tepat. Terdapat dua jenis stiker yaitu glossy (mengkilap) dan doff (tidak mengkilap). Khusus untuk lantai, sebaiknya memilih stiker doff supaya lantai tidak licin. Sedangkan, permukaan lain boleh memilih antara stiker doff atau glossy.

    Memasang Stiker
    Kala memasang stiker, perhatikan terlebih dulu permukaan yang akan ditempel. Stiker bisa langsung menempel pada permukaan kayu dan tembok. Untuk membantu proses penempelan pada keramik dan kompor, Puput punya trik khusus.

    "Bisa disemprot air yang sudah dicampur sampo dulu. Permukaan yang akan ditempel jadi licin sehingga stiker bisa digeser-geser jika miring. Bisa juga dengan alat pembersih kaca untuk meratakan stiker agar tidak terbentuk gelembung," terang wanita yang mulai berbisnis bersama sang suami sejak tahun 2016 ini.

    Artikel Terkait: harga kaca cermin

    Soal perawatan, Puput mengatakan cukup mengelap stiker dengan kain plas chamois, yakni kain yang umumnya digunakan untuk membersihkan permukaan kendaraan, yang sering disebut kanebo. Pastikan kain dalam keadaan kering. Puput meyakini stiker hiasan ini awet selama jauh dari air. Lantas bagaimana jika terkena air?

    "Tidak masalah selama hanya bagian-bagian pinggir stiker yang daya rekatnya turun. Cuma kalau sudah banyak mengelupas, harus diganti," sambung Puput. Umumnya, stiker hias ini bisa bertahan hingga 3-4 tahun.

    Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan stiker hias ini, Puput mengungkapkan, kalau motif minimalis kini tengah digandrungi. "Seperti hexa, grid. subway termasuk juga motif rumput yang jadi salah satu produk laris kami," ujar Puput.

    Cara merawat setiap motif stiker pun sama saja. Jadi tunggu apa lagi, mumpung masih dalam suasana tahun baru, Anda bisa menciptakan suasana baru dalam hunian Anda dan keluarga dengan hiasan stiker.


    votre commentaire
  • Stiker menjadi pilihan untuk memberi kesan berbeda pada dekorasi rumah Anda. Selain harganya yang lebih terjangkau, pemasangannya pun terbilang mudah. Ditambah lagi perawatannya yang sederhana. Jika bosan dengan motifnya, Anda bisa menggantinya tanpa ribet.

    Baca Juga: warna cat tembok

    Pemilik bisnis stiker Hello Kenzo, Ariyuni Trikada Putri berbagi kiat memasang dan merawat stiker. Menurut wanita yang akrab disapa Puput ini, stiker bisa digunakan untuk menghias berbagai ruang dalam sebuah hunian. Mulai dari tembok, permukaan keramik dan kayu, kulkas hingga kompor bisa dihias dengan stiker.

    "Tapi lantai kamar mandi nggak bisa ditempel dengan stiker, hanya dindingnya saja. Semua tempat bisa, kecuali lantai kamar mandi," kata Puput. Salah satu alasannya, lantai kamar mandi selalu terkena air. Padahal, air jadi musuh utama stiker.

    "Tapi selama stiker tidak terendam, tidak masalah. Karena stiker ini tahan air, jadi tidak akan luntur meski dibersihkan memakai pembersih lantai. Kalau terkena air, hanya daya rekatnya akan bekurang tapi stiker tidak akan gampang menjadi hancur seperti bubur," ujarnya.

    Selain lantai kamar mandi, Anda juga wajib menimbang untuk menghias lantai pekarangan dengan stiker. "Sebenarnya tidak masalah, tapi lebih baik untuk dinding saja kalau lokasinya di luar ruangan. Karena kalau terkena cipratan terus-menerus, daya rekatnya akan cepat berkurang," ujar Puput. Berbahan dasar kertas, bahaya lain adalah stiker bisa terkoyak. Namun Puput menegaskan stiker tak mudah sobek kecuali ketika terkena benda tajam.

    Artikel Terkait: ukuran tandon air

    Usai menentukan ruangan rumah yang akan dihias dengan stiker, pastikan Anda memilih jenis stiker yang tepat. Terdapat dua jenis stiker yaitu glossy (mengkilap) dan doff (tidak mengkilap). Khusus untuk lantai, sebaiknya memilih stiker doff supaya lantai tidak licin. Sedangkan, permukaan lain boleh memilih antara stiker doff atau glossy.

    Kala memasang stiker, perhatikan terlebih dulu permukaan yang akan ditempel. Stiker bisa langsung menempel pada permukaan kayu dan tembok. Untuk membantu proses penempelan pada keramik dan kompor, Puput punya trik khusus.

    "Bisa disemprot air yang sudah dicampur sampo dulu. Permukaan yang akan ditempel jadi licin sehingga stiker bisa digeser-geser jika miring. Bisa juga dengan alat pembersih kaca untuk meratakan stiker agar tidak terbentuk gelembung," kata wanita yang mulai berbisnis bersama sang suami sejak 2016 ini.

    Soal perawatan, Puput mengatakan cukup mengelap stiker dengan kain plas chamois, yakni kain yang umumnya digunakan untuk membersihkan permukaan kendaraan, yang sering disebut kanebo. Pastikan kain dalam keadaan kering. Puput meyakini stiker hiasan ini awet selama jauh dari air. Lantas bagaimana jika terkena air?

    "Tidak masalah selama hanya bagian-bagian pinggir stiker yang daya rekatnya turun. Cuma kalau sudah banyak mengelupas, harus diganti," sambung Puput. Umumnya, stiker hias ini bisa bertahan hingga 3-4 tahun.

    Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan stiker hias ini, Puput mengungkapkan, kalau motif minimalis kini tengah digandrungi. "Seperti hexa, grid, subway termasuk juga motif rumput yang jadi salah satu produk laris kami," ujar Puput.

    Baca juga: Perabotan Rumah yang Ringkes dan Fleksibel Bakal Diminati

    Mumpung masih dalam suasana tahun baru, Anda bisa menciptakan suasana baru dalam hunian Anda dan keluarga dengan hiasan stiker.


    votre commentaire
  • Furnitur pesanan atau dikenal dengan istilah custom furniture, merupakan perabot yang model dan ukurannya dibuat sesuai pesanan.

    Dengan keleluasaan ini, furnitur tersebut dapat dibuat sangat pas dengan ruang yang tersedia, bahkan menyatu dengan dinding ruang.

    Baca Juga: tabel besi beton

    Untuk hunian dengan luas terbatas, tentu ini menjadi keuntungan tersendiri.

    ilustrasi furnitur custom Foto Fostive - Felix Properti 1 Park Avenue, Jakarta Selatan • Desainer Interior Miveworks
    ilustrasi furnitur custom
    Agar hasilnya tidak mengecewakan, ada beberapa proses yang sebaiknya dilalui saat memesan furnitur.

    Berikut penjelasan Eduardus Tri Aryo, Principal Designer Vindo Design.

    Pertama. Mengukur luas dan detail ukuran ruang.

    Dari ukuran tersebut desainer dapat membuat floor plan atau denah yang tepat agar fungsi ruang maksimal.

    ilustrasi furnitur custom Foto Adeline Krisanti /Properti Akbar Capriardjianggi & Ritchie Putri, Ciputat, Tangerang Selatan
    ilustrasi furnitur custom

    Kedua. Membuat moodboard konsep desain, untuk menentukan konsep interior dan model furnitur yang akan dibuat.

    Moodboard ini akan mengarahkan desainer saat merancang bentuk furnitur, tone warna, dan dekorasi yang diperlukan ruang tersebut. 100% Persen Berhasil! Simak Tips Merawat Furnitur Kayu Wajib Tahu

    Ketiga. Membuat desain lengkap furnitur, menyesuaikan ukuran ruang dan moodboard yang sudah dibuat sebelumnya.

    Di tahap ini, pemesan bisa mengutarakan kebutuhan yang lebih spesifik, misalnya menambahkan penyimpanan untuk memaksimalkan ruang yang ada.

    Artikel Terkait: triplek melamin

    Keempat. Membuat gambar kerja furnitur untuk disetujui pemesan.

    Gambar kerja ini akan digunakan teknisi workshop sebagai acuan untuk produksi furnitur tersebut. Daripada Beli, Coba Buat Sendiri Lemari Kayu Karyamu! Lebih Murah

    Kelima. Fitting out. Setelah furnitur selesai diproduksi di workshop, selanjutnya dikirim dan dirakit di rumah pemesan.


    votre commentaire
  • Warsito kesal saat dia pulang ke rumah setelah beberapa hari berdinas, saluran air di kamar mandinya mampet. Usut punya usut, galian kabel PAM di depan rumahnya menyumbat drainase.

    Warsito tinggal di bilangan Vila Dago Tol, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel). Di kompleks itu memang sedang dibangun saluran air bersih oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS).

    Baca Juga: sambungan pipa PVC

    Laiknya pembangunan saluran yang berada di bawah tanah, dalam pengerjaannya ada beberapa titik yang digali.

    Artikel Terkait: harga kaca cermin

    Galian tersebut sering kali mengakibatkan dampak yang merugikan masyarakat, seperti kemacetan, atau tanah membuat licin jalan.

    Namun ada beberapa dampak yang tidak semeatinya terjadi. Salah satunya adalah penyumbatan drainase yang disebabkan dari pembuangan tanah galian itu.

    "Pas saya lihat saluran air di depan rumah, kan bisa dibuka itu, penuh sama tanah galian," keluh Warsito.

    Karena kebutuhan saliran air yang mendesak, Warsito tidak menunggu penanggung jawab pembangunan saluran itu untuk membereskannya.

    "Saya langsung rapiin sendiri saja sama warga yang lain," ujarnya.

    Mantan ketua RT 9 RW 19 itu juga menyebutkan tidak hanya warga di wilayahnya yang dirugikan karena galian itu, tapi juga warga di wilayah RT lain.

    Galian itu sudah mukai dikerjakan sekira sebulan lalu. Dua minggu belakangan pekerjanya mulai libur atau berhenti mengerjakan galian itu.


    votre commentaire