• Ini Dia Tutorial Mengubah Warna Dinding Rumah Tanpa Harus Membeli Cat

    Menjadi ‘kontraktor’ alias terpaksa harus mengontrak rumah tak jarang mengharuskan kamu mengeluarkan uang yang banyak. Tujuannya agar bisa menjadikan tempat tinggal menjadi homey.

    Di sisi lain, untuk bisa mengubah rumah nuansa kontrakan tidak sebebas seperti rumah sendiri. Mengecat dinding misalnya, kebanyakan rumah kontrak tidak memperbolehkan penyewa untuk mengubah fasad atau warna cat dinding. Ada juga yang melarang menggantinya dengan wall paper. Namun, hal tersebut tidak membuatmu putus asa dalam mempercantik rumah kontrakan.

    Baca Juga: wallpaper dinding 3D

    Melansir dari The Spruce, Jakarta, Senin (9/9/2019), ada sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk memodifikasi tampilan dinding kamarmu tanpa harus mengeluarkan uang untuk mengecatnya.

    Dekorasi kamar
    1. Gantungkan Kain sebagai Wallpaper

    Sebagian pemilik kost mungkin mengizinkan kamu untuk menggunakan wallpaper, tetapi kamu bisa saja menggunakan kain sebagai gantinya. Dengan menggunakan kain, kamu tidak harus menempel apapun pada dinding seperti halnya wallpaper.

    Jadi kamu bisa meminimalisir kerusakan pada permukaan dinding yang dapat terjadi ketika menggunakan lem. Selain dapat memilih warna dan motif yang lebih bervariasi, penggunaan kain juga lebih menghemat biaya dibandingkan dengan menggunakan wallpaper.

    2. Tutupi Dinding dengan Gorden

    Jika kamu lebih suka tampilan mewah dari kain, tutup salah satu dinding kamarmu dengan menggunakan tirai. Bentangkanlah tirai dari lantai ke langit-langit dan dari dinding ke dinding. Selain menambah warna, mereka akan meredam beberapa kebisingan dari lingkungan sekitar kamarmu. Kamu tidak harus membeli gorden yang baru, mencari di toko gorden bekas juga bisa jadi alternatif, lho! Selain mendapatkan harga yang lebih murah, kamu juga bisa menemukan gorden dengan model jaman dulu yang sangat unik.

    3. Gunakan Kain Bergaya Vintage yang Antik

    Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk menambah warna dan pola pada dinding kamarmu adalah dengan menggunakan kain antik. Pilihan kain dapat bermacam-macam seperti permadani, selimut, permadani atau tenunan pengrajin. Kain dengan warna eksotis, warna-warni, ataupun potongan-potongan motif batik juga tak kalah cantiknya. Gantung kain vintage kamu dengan papan atau tiang kecil yang cocok untuk ukuran kain.

    4. Gantungkan Panel yang terbuat dari MDF atau Hardboard

    Untuk menambahkan motif atau varian warna skala besar ke dinding kamarmu, potong panel dari MDF atau hardboard. Amplas ujung-ujungnya yang halus, lalu beri cat. Kamu dapat membiarkan panel polos, atau membingkainya dengan cetakan bingkai foto yang digunakan untuk panel dinding tradisional.

    Artikel Terkait: harga keramik granit

    Bautkan panel kamu ke dinding di lokasi strategis di sekitar ruangan kamar dan jangan lupa untuk menutup lubang saat kamu pindah kamar nantinya. Anda dapat membiarkan panel warna-warni Anda begitu saja atau melapisi potongan-potongan kecil karya seni berbingkai di atasnya.


  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :