• Begini Fakta Batako Si Hebat Untuk Rumah Kuat

    Dalam pembangunan sebuah rumah, dinding memiliki peranan yang sangat penting dan krusial. Tanpa dinding, tentunya Anda belum dapat menyebut suatu bangunan sebagai hunian yang layak, bukan? Baik difungsikan sebagai struktural maupun non struktural, idealnya dinding dibangun dengan baik, rapi, kokoh dan kuat agar tidak mudah rusak dan bolak-balik renovasi nantinya. Salah satu material andalan yang bisa Anda pilih adalah batako.

    Kalau orang dulu banyak masih memakai batu bata merah yang terbuat dari tanah liat sebagai material bangunan untuk dinding, kini kehadiran batako mulai menggeser pamor bata merah. Sebagai pengganti atau alternatif batu bata merah, tak salah jika batako jadi makin digemari oleh orang-orang yang tinggal di rumah-rumah modern.

    Baca Juga: paving block texture

    Nah, untuk mengenal lebih dekat kehebatan material ini, mari kenali pengertian batako, jenis-jenis batako, dimensi batako, merk dan harga batako serta faktanya.

    Sebelum melangkah lebih jauh, Anda sebaiknya mengetahui dulu tentang pengertian batako. Batako adalah batu bata padatan (concrete brick) yang terbuat dari campuran beberapa bahan seperti semen, kapur, kericak, dan pasir. Kalau di Indonesia sendiri, istilah concrete sering dikenal dengan beton, tak heran batako sering disamakan dengan bataton (batu bata beton) dan sekilas mirip dengan paving block yang digunakan untuk material lantai atau jalan.

    Batako pada umumnya merupakan material bangunan untuk dinding yang terbuat dari bahan campuran antara lain semen dan pasir kasar, serta air. Komponen bahan tersebut dicampur jadi satu hingga akhirnya dipadatkan hingga tercetak bentuk menyerupai batu bata seperti yang beredar di pasaran.

    Berbeda dengan proses pembuatan bata merah yang perlu dibakar dulu dalam suhu tinggi, pembuatan batako hanya perlu dikeringkan di tempat terbuka dan teduh agar tidak terkena sinar panas matahari secara langsung.

    Artikel Terkait: harga bata merah

    Berdasarkan bahan bakunya, ada beberapa jenis batako, yaitu:

    Jenis batako ini sering disebut juga dengan bata cetak kapur trass atau batako kapur, karena terbuat dari campuran trass, batu kapur, dan air. Trass itu sendiri merupakan jenis tanah berwarna putih atau putih kecoklatan yang berasal dari lapukan batu-batu gunung berapi. Cara pembuatannya mirip dengan bata merah yaitu dibakar hingga bahannya mengeras agar siap dipakai. Makanya tak heran batako ini juga dikenal dengan bata putih.


  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :